Fergio
Tips Pemasangan Lantai Kayu untuk Pembangunan Rumah

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Lantai Kayu untuk Rumah

Rumah dengan lantai berbahan kayu yang dihias dengan indah dapat membuat bangunan jadi lebih nyaman untuk ditinggali. Lantai rumah jika dipasang dengan benar bisa membuat dekorasi lebih menarik. Pemasangan lantai kayu akan lebih bagus bila dipasang dengan benar. Supaya lantai berbahan kayu tidak mengalami kerusakan dan tertata dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadikan lantai berbahan kayu lebih rapi.

 

1. Penempatan Lantai Berbahan Kayu

Penggunaan lantai rumah ada banyak pilihannya. Lantai dengan bahan kayu bisa memberikan suasana rumah jadi makin alami. Pemasangan lantai berbahan kayu juga harus memperhatikan jangka pemasangan lantai berbahan kayu. Lantai berbahan kayu yang dipasang untuk jangka pendek atau jangka panjang memerlukan pemasangan serta bahan untuk dasar lantai yang berbeda.

 

2. Jenis Kayu yang Digunakan

Lantai berbahan kayu memiliki jenis yang berbeda. Setiap jenis lantai berbahan kayu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dari penggunaan lantai berbahan kayu jenis solid adalah tampilan kayu yang lebih menarik dan awet untuk digunakan. Kelemahan dari penggunaan lantai berbahan kayu adalah kelembaban, harga mahal, serta jumlahnya yang terbatas di alam.

Apabila lantai berbahan kayu solid susah untuk didapatkan, kayu laminated bisa jadi penggantinya. Kayu ini memiliki tampilan yang berupa lapisan kayu di permukaannya. Kayu jenis ini memang punya tampilan mirip kayu akan tetapi kayu jenis ini mudah lembab serta mudah terkena rayap. Oleh karena itu lantai kayu vinyl menjadi salah satu pilihan favorit juga selain parket laminate.

 

3. Jenis Dasar Lantai yang Digunakan

Hal yang tidak boleh dilupakan saat akan memasang lantai berbahan kayu adalah kebersihan serta kekuatan dari lantai dasar. Penggunaan lantai berbahan kayu menjadi lebih bertahan lama apabila alas untuk lantai ruangan tidak sesuai. Untuk dapat memastikan pemasangan dapat sesuai, perlu diberikan lantai dasar berupa lapisan plastik yang tipis di bagian lantai dasar atau lantai berbahan kayu. Hal ini bertujuan untuk memastikan lantai tidak mudah rusak.

 

4. Persiapan Peralatan dan Langkah Pemasangan

Ketika akan memasang lantai berbahan kayu, perhatikan beberapa hal terkait dengan persiapan pemasangan. Hal yang perlu dipersiapkan misalnya, berupa lem, parket kayu, sealant, Styrofoam, dan gergaji besi. Sebelum lantai dipasangi kayu bersihkan lantai dasar. Pemasangan layer harus memperhatikan Underlayer foam di permukaan lantai.

Setelah lantai sudah dibersihkan dan diberi lapisan. Pengukuran lantai perlu untuk dilakukan. Pemasangan lantai dimulai dari bagian dinding sesuai dengan motifnya. Bagian sistem rel disatukan kemudian ditambahi dengan lem untuk kayu supaya tidak bergeser atau lepas. Setelah bagian pinggir area sudah terpasang, bagian lantai akan diberi sealant serta dipasangi lantai berbahan kayu.

 

5. Ketelitian dalam Pemasangan Lantai Berbahan Kayu

Pemasangan lantai berbahan kayu memerlukan kecermatan yang lebih daripada lantai keramik. Pemasangan lantai berbahan kayu membutuhkan beberapa teknik khusus. Pemasangan yang tidak tepat hanya akan membuat lantai berbahan kayu jadi tidak terpasang dengan baik. Pemasangan ini berkaitan dengan berbagai hal termasuk dengan ketepatan dalam pemasangan lantai.

 

Lantai kayu menjadi salah satu produk bangunan yang bisa mempercantik tampilan rumah. Dalam pemasangan lantai rumah, ada beberapa hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Lantai rumah yang dibangun dengan indah tentu saja bisa membuat penghuninya merasa nyaman. Kayu laminate Fergio merupakan salah satu pilihan produk yang bagus sebagai lantai rumah. Informasi lebih lengkap bisa di peroleh di situs lantaikayufergio.com.