Fergio
Ini Dia Tips Merawat Lantai Kayu Parket agar Tahan Lama

Perawatan Lantai Kayu Harus Sering Dilakukan agar Tetap Awet

Menggunakan lantai kayu parket akan memberikan kesan sejuk, alami, dan asri pada rumah. Namun, menggunakan lantai berbahan kayu memerlukan perawatan khusus yang berbeda dengan lantai granit dan keramik. Jika melakukan kesalahan perawatan, akan membuat parket mudah keropos, kusam, dan rusak.

 

Tips Merawat Lantai Kayu Parket

Parket memiliki sifat yang lembab dan mudah menyerap air, sehingga debu dan kotoran akan sulit dibersihkan. Selain itu, lantai yang terbuat dari kayu juga akan mudah rusak karena cuaca, ataupun cara membersihkan dan merawatnya yang salah. Agar lantai kayu parket tetap bersih dan lebih awet, berikut cara merawat lantai dari kayu yang tepat, antara lain:

 

  • Sapu secara rutin

Lantai yang terbuat dari kayu akan mudah menyerap air, sehingga kotoran mudah menempel. Jadi, pastikan membersihkan lantai secara rutin setiap hari. Debu dan kotoran yang menempel terlalu lama akan menumpuk, sehingga lantai akan terlihat kotor. Jika tidak dibersihkan, maka dapat mengganggu kesehatan. Sebaiknya gunakan sapu dengan bulu yang lembut untuk membersihkan lantai dari kayu. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan vacum cleaner atau penyedot debu.

 

  • Pel lantai

Selain menyapu secara rutin, mengepel juga diperlukan untuk merawat lantai kayu parket. Hal yang paling penting harus di perhatikan adalah sebelum mengepel lantai pastikan dulu apakah kain pel yang anda gunakan tidak terlalu basah, tetap jaga agar kain pel lembab saja. Kemudian pel lantai dengan gerakan memutar dan keringkan dengan kain bersih.

 

  • Memilih kain pel dengan bahan yang benar

Memilih kain pel dengan bahan tepat juga diperlukan untuk menjaga lantai kayu parket agar tetap awet. Sebaiknya pilihlah kain pel dari bahan katun dengan kualitas terbaik. Saat mengepel, peraslah kain pel dengan kuat, sehingga tidak terlalu basah. Menggunakan kain pel yang basah akan membuat kayu semakin lembab, sehingga cepat rusak dan keropos.

 

  • Pel dua kali

Setelah mengepel menggunakan kain pel yang lembab, sebaiknya dilanjutkan dengan mengepel dengan kain kering, sehingga lantai benar-benar kering. Proses mengepel lantai dari kayu sebaiknya dilakukan dalam 2 tahap, pertama mengepel dengan kain yang tidak terlalu basah, kemudian mengeringkan dengan kain kering. Hal ini dilakukan agar lantai cepat kering, sehingga tidak lembab dan tidak mudah rusak.

 

  • Segera bersihkan serpihan makanan yang jatuh ke lantai

Sebaiknya segera bersihkan serpihan yang jatuh di lantai dengan lap kering. Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan lantai yang kotor dan terkena noda. Melakukan pembersihan secara langsung akan membuat kotoran tidak mengendap terlalu lama, sehingga kayu tidak cepat rusak.

 

Menggunakan lantai kayu parket akan membuat tampilan rumah menjadi lebih sejuk dan asri. Namun, bahan kayu cenderung lembab, sehingga kotoran mudah menempel. Saat menggunakan lantai dari kayu, sebaiknya Anda rajin membersihkannya agar tidak mudah rusak. Apabila anda tidak ingin direpotkan oleh perawatan yang terlalu ribet, mungkin anda bisa mencoba menggunakan lantai kayu vinyl.

Jika Anda ingin memasang lantai kayu parket atau lantai vinyl, segera kunjungi https://lantaikayufergio.com/. Fergio telah berdiri sejak tahun 2008 dan telah memiliki pengalaman selama 10 tahun dalam memasang lantai dari kayu. Kualitas bahan yang digunakan juga terjaga, karena kepuasan konsumen merupakan tujuan utama. Segera kunjungi https://lantaikayufergio.com/ dan wujudkan ruangan impian yang tampak alami dan indah.