Fergio
Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Lantai Kayu Parket Untuk Ruangan Anda

Lantai Kayu Parket, Cara Mudah Membuat Tampilan Rumah Menjadi Alami dan Natural

Menggunakan lantai kayu akan membuat tampilan rumah menjadi lebih natural dan alami. Namun, saat ini penggunaan lantai kayu asli atau parket solid mulai dihindari, karena kayu merupakan bahan yang sulit untuk diperbaharui. Kesadaran akan pentingnya menjaga hutan inilah yang membuat manusia mulai berinovasi membuat bahan lantai kayu yang lebih ramah lingkungan. Penggunaan lantai kayu parket laminate merupakan pilihan tepat saat Anda menginginkan tampilan rumah yang alami.

Kayu laminate memiliki tekstur yang mirip dengan kayu. Selain itu, harga kayu laminate juga lebih murah. Jika dibandingkan dengan lantai kayu solid, lantai kayu laminate juga lebih mudah dipasang dan memiliki banyak corak. Lantai kayu laminate terbuat dari serbuk kayu yang dicampur bahan kimia, sehingga dapat merekat dan berbentuk lampiran bertekstur mirip kayu asli.

Jika Anda tertarik memasang kayu laminate, menghitung kebutuhan lantai kayu laminate berbeda dengan cara menghitung kebutuhan penutup lantai biasanya, seperti keramik, ataupun granit. Cara menghitung kebutuhan lantai laminate sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengetahui ukuran luas ruangan yang ingin dipasangi lantai kayu laminate.

 

Tips Menghitung Ukuran Lantai Kayu

Berikut beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menghitung ukuran lantai kayu laminate sesuai kebutuhan:

 

  • Menghitung luas ruangan

Langkah pertama yang dilakukan untuk mengetahui ukuran kayu laminate yang dibutuhkan adalah mengukur luas ruangan. Anda dapat menggunakan meteran untuk menentukan panjang dan lebar ruangan yang akan dipasangi lantai kayu laminate. Untuk menghitung luas ruangan, Anda hanya perlu mengalikan ukuran panjang dengan lebar ruangan. Misalnya ruangan memiliki panjang 8 meter dan lebar 4 meter, maka luas ruangan adalah 8x4 = 32 m2.

 

  • Menghitung luas volume per box

Ukuran per panel laminate setiap merek berbeda-beda. Salah satu ukuran per panel laminate yang biasa dijumpai adalah 1217 x 197 mm, dengan isi per Box-nya adalah 8 panel. Jadi, volume lantai kayu laminate per Box-nya adalah 1217 x 197 x 8 = 1.918 m2.

 

  • Menambahkan waste

Anda juga harus menghitung jumlah kelebihan potongan pinggir atau allow end. Saat pemasangan, lantai kayu laminate tidak memiliki konsistensi terhadap ukuran ruangan, sehingga memerlukan tambahan pengukuran sebanyak 5 - 10% dari luas lantai. Penambahan ukuran lantai laminate digunakan untuk penyesuaian ruangan, karena pada setiap sudut ruangan biasanya membutuhkan potongan tambahan.

 

  • Menghitung ukuran kayu laminate yang dibutuhkan

Setelah menghitung luas ruangan, volume per box dan jumlah waste yang dibutuhkan, Anda dapat menghitung ukuran kayu laminate yang dibutuhkan. Misalnya, ukuran ruangan yang ingin dipasangi lantai kayu laminate adalah 8 x 4 = 32 m2, dan luas volume per box adalah 1.918 m2, maka jumlah lantai kayu laminate yang dibutuhkan adalah (32 x 110%) : 1.918 = 18.352 box. Jadi, jumlah kayu laminate yang dibutuhkan untuk ruangan berukuran 32 m2 adalah 18.352 box. Karena kayu laminate dijual per box, maka jumlah kayu laminate yang harus dibeli adalah 19 box.

 

Lantai kayu parket laminate, merupakan solusi terbaik jika Anda ingin mendesain rumah dengan nuansa alami dan natural. Lantai kayu laminate memiliki harga yang lebih murah dan mudah dipasang. Jika Anda tertarik memasang lantai kayu laminate, segera kunjungi lantaikayufergio.com. Lantai kayu Fergio telah berdiri sejak tahun 2008 dan telah memiliki pengalaman 10 tahun dalam hal pemasangan lantai kayu laminate. Kepuasan dan kualitas bahan merupakan prioritas utama dari lantai kayu Fergio. Sehingga, Anda tidak perlu ragu untuk memesan lantai laminate di lantaikayufergio.com.